Anime Jadul Penuh Inspirasi

Anime Jadul Penuh Inspirasi

Anime Jadul Penuh Inspirasi

Anime Jadul Penuh Inspirasi – Inspirasi bisa datang dari mana saja, bahkan dari film anime sekalipun. Sebagian besar film anime memang dikenal memiliki muatan nilai kehidupan yang bisa ditarik sebagai pelajaran dalam hidup.

Dari rekomendasi anime yang menginspirasi ini, kita bisa mengambil motivasi bahwa semua hal yang dimimpikan harus menjadi nyata, meski banyak aral melintang.

Alur cerita anime-anime jaman dulu (jadul) ini dapat membuat Anda berpikir ulang bahwa dunia itu luas. Penokohannya pun dapat memberikan Anda semangat bahwa hidup juga harus diperjuangkan.

Rekomendasi anime jadul yang penuh inspirasi.

1. Captain Tsubasa

Anime ini pertama kali keluar untuk menyambut Jepang yang saat itu akan menjadi tuan rumah Piala Dunia sepakbola. Punya misi untuk menularkan semangat Tsubasa Ozora—tokoh utama dalam anime ini pada anak-anak Jepang untuk suka sepakbola.

Waktu itu memang penduduk Jepang tidak begitu tertarik dengan sepakbola. Pembuat cerita menanamkan bahwa Tsubasa adalah orang yang cukup berbakat bermain sepakbola, bahkan disebut-sebut memang terlahir untuk sepakbola.

Tsubasa kecil bergabung dengan klub sepakbola setempat yakni Nankatsu. Nankatsu terkenal dengan keburukannya dalam bermain olahraga sebelas orang lawan sebelas orang itu.

Melihat Tsubasa yang begitu mahir dan rajin berlatih, alhasil Nankatsu mulai beranjak, banyak rekan-rekan satu tim Tsubasa yang mulai berkembang, sebut saja contohnya Izhisaki.

Singkat cerita Tsubasa bertemu dengan banyak lawan hebat dalam satu kompetisi junior sekolah, ia bertemu dengan Kojiro Hyuga, seorang anak yang terpaksa bekerja sambil sekolah, bahkan hampir tidak pernah masuk sekolah hanya untuk bekerja.

Kojiro yang punya karakter keras adalah salah satu musuh utama Tsubasa dalam anime ini, kendati begitu dalam satu waktu mereka malah bekerja sama membela Tim Nasional Junior Jepang dan berhasil juara.

Anda bisa mendapat pelajaran tentang ketekunan, kerja sama, dan perjuangan dari rekomendasi anime menginspirasi yang satu ini. Mantan pesepakbola Barcelona Andres Iniesta pun mengaku bahwa dirinya banyak terinspirasi dari anime ini.

2. Hajime No Ippo

Makunoichi Ippo—tokoh utama dalam anime ini telah diganggu seluruh hidupnya. Ia kerap mendapat perundungan dari orang sebaya di sekolah. Ippo selalu bermimpi untuk memberi pelajaran pada orang-orang itu, namun tidak punya daya.

Suatu hari saat tengah mendapat perundungan, Ippo diselamatkan oleh Takamura Mamoru yang kebetulan seorang petinju. Ippo yang sudah telanjur pingsan saat itu dibawa oleh Takamura ke tempat gym tinju Kamogawa.

Lepas terbangun dari pingsan, Ippo langsung ternganga melihat tempat gym tersebut. Ada sebuah samsak yang tidak terpakai saat itu, Takamura kemudian bilang pada Ippo untuk meninju samsak tersebut.

Samsak itu dipasangi foto teman-teman yang tadi sudah menghajarnya, namun karena sejak awal merasa tidak punya daya sebab sering mendapat perundungan, Ippo enggan melakukannya.

Singkat cerita dengan dorongan dari Takamura, Ippo pun mulai terbuka jalan pikirannya dan tahu jalan hidup untuk ke depan.

Ia hendak menjadi seorang petinju profesional seperti Takamura hingga ia mulai berjalan mencapai impian menjadi petinju terhebat di dunia.

Anime ini dapat mengajarkan Anda tentang perjuangan. Meski mengalami perundungan yang menyakitkan, ia mampu membalas dendam tanpa memukul sebagai cara yang paling mulia.

Dari Ippo, penonton juga memahami bahwa meski dia sudah sukses menjadi petinju profesional tapi tidak pernah semena-mena dengan rekan yang dulu pernah merundungnya.

Rekomendasi anime yang menginspirasi ini dapat dapat disaksikan melalui channel Televisi Jepang, atau pada layanan streaming online legal lainnya.

3. Grave of Fireflies

Grave of Fireflies alias Hotaru no Haka dikenal sebagai salah satu film klasiknya Studio Ghibli pada tahun 1988. Anime ini menceritakan kondisi masyarakat Jepang menjelang akhir Perang Dunia ke-2.

Bercerita soal seorang bocah bernama Seita, beserta sang adik yang harus sama-sama berjuang bertahan hidup. Meski kerap menampilkan kesengsaraan, Grave of Fireflies juga menampilkan dan memberi harapan kuat yang bikin mereka bertahan.

Kalau anime atau film perang biasanya bermakna kepahlawanan, Grave of Fireflies lebih dari itu. Ceritanya lebih menyentuh aspek sentimental dan kemanusiaan.

Anime yang mengharukan ini punya pesan utama: memiliki harapan yang kuat akan selalu mendorong Anda selalu maju dan melangkah, meski dalam kondisi tersulit sekalipun.

4. Naruto-Naruto The Movie

Naruto adalah seorang yatim-piatu, tanpa ayah dan ibu sejak lahir di dunia. Penderitaannya tidak hanya sampai situ, ia harus menerima rubah ekor sembilan (biju) yang sebelumnya tertanam di tubuh sang ibunda.

Rubah ekor sembilan itu adalah salah satu dari sembilan makhluk menyeramkan di masa lalu. Mereka yang memiliki biju dalam tubuhnya tak pelak dijauhi oleh orang-orang sekitar, begitupula Naruto.

Kisah kecil Naruto begitu pahit, tidak ada orang yang mau berteman dengan dia. Sempat terpuruk, satu momen pengakuan dari seorang guru di akademinya membuat pandangan dia berubah 180 derajat.

Ia pun terus berjuang dan menghapus semua dendam masa lalu itu, hingga akhirnya malah melindungi warga desa dari serangan dahsyat musuh.

Sebab kejadian itu ia mulai dipandang sebagai pahlawan desa, singkat cerita ia malah berhasil mendapat kepercayaan para penduduk desa dan mendapatkan jabatan tertinggi pemimpin desa ninja yakni menjadi Hokage.

Selain kisah Naruto, series ini juga menceritakan kisah-kisah tokoh lainnya yang tidak kalah inspiratif dari Naruto. Sebut saja Rock Lee, orang yang tidak bisa punya jurus ninja seperti teman-teman lainnya.

Kekurangannya itu ia kubur dan balas dengan berjuang pertarungan tanpa jurus atau dikenal dengan taijutsu. Kemudian hari, Rock Lee bahkan dikategorikan sebagai pengguna taijutsu terhebat dalam anime Naruto.

Anime Naruto sendiri sudah tamat, kendati begitu Anda masih bisa melihat tokoh-tokoh itu di Anime lanjutannya yang berjudul Boruto: Naruto Next Generation. Dapat Anda saksikan melalui channel TV Tokyo, atau streaming online legal Crunchyroll atau Netflix.

***

Keempat rekomendasi anime yang menginspirasi di atas selain punya jalan cerita yang menarik, penonton juga bisa meniru semangat para tokoh dalam menghadapi masalah hidupnya.

Comments are closed.