Ragam Seni Rupa Murni

Ragam Seni Rupa Murni

Ragam Seni Rupa Murni

Ragam Seni Rupa Murni, – Ada banyak ragam seni rupa jenis ini di dunia. Ragam seni rupa ini dibedakan berdasarkan bentuk dan medianya. Di bawah ini ada 10 ragam seni rupa yang bersifat murni yang bisa anda temukan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini 10 ragam seni rupa tersebut:

Lukisan

Ragam yang pertama dan paling mudah untuk ditemui adalah lukisan. Lukisan adalah sebuah gambar yang dibuat pada sebuah media yang biasanya berupa kanvas. Saat ini lukisan tidak hanya sekedar dibuat di atas kanvas bahkan lukisan juga dibuat di atas media dinding. Dikutip IDN Poker 88 Asia, Ada banyak lukisan terkenal di dunia, salah satunya adalah lukisan monalisa.

Relief

Relief adalah guratan-guratan yang berbentuk gambar atau simbol tertentuk. Jenis seni rupa murni ini paling mudah ditemui pada candi. Contoh relief yang bisa anda temui adalah relief yang ada pada candi Borobudur. Relief ini juga bisa berbentuk dua dimensi maupun tiga dimensi.

Ukiran

Ukiran juga termasuk ke dalam seni rupa yang bersifat murni. Di Indonesia sendiri ada banyak jenis ukiran. Setiap daerah bahkan memiliki corak ukiran yang berbeda-beda. Ukiran ini biasanya dipajang di tempat-tempat tertentu. Seniman membuat sebuah ukiran menggunakan media kayu yang bertekstur lembut.

Seni Fotografi

Pada dasarnya, seni fotografi juga termasuk ke dalam seni murni. Seni rupa murni yang satu ini merupakan seni rupa yang sangat modern. Untuk menghasilkan seni rupa yang satu ini anda membutuhkan sebuah kamera. Saat ini jenis seni rupa seperti ini sangat populer.

Seni Grafis

Jika anda pernah melihat logo atau sablonan pada baju maka anda sudah melihat seni rupa. Logo dan sablonan baju ini merupakan seni grafis. Seni grafis ini sendiri banyak jenisnya tergantung dari teknik pembuatannya.

Topeng

Sebenarnya topeng bisa digolongkan ke dalam seni rupa yang murni dan juga seni rupa yang terapan. Jika sebuah topeng hanya dipajang, maka topeng tersebut adalah sebuah seni rupa yang murni. Namun jika topeng tersebut tidak hanya dipajang namun juga digunakan maka topeng itu termasuk dalam seni rupa terapan.

Patung

Jika anda mencari karya seni rupa dengan nilai murni yang berbentuk 3 dimensi, maka salah satunya adalah patung. Patung dibuat hanya untuk dipajang. Hal inilah yang membuat patung digolongkan ke seni rupa yang hanya menampakkan keindahan.

Ada banyak media yang bisa dijadikan patung seperti batu dan kayu. Tidak jarang sebuah patung dijadikan simbol penting seperti patung Liberty di Amerika.

Kaligrafi

Seni rupa yang satu ini berasal dari daerah arab. Kaligrafi adalah tulisan arab indah yang memiliki bentuk unik. Di Indonesia penggunaan kaligrafi ini sangat banyak ditemukan di masjid-mesjid. Kaligrafi adalah sesuatu yang sangat menarik untuk dilihat.

Mozaik

Mozaik ini adalah sebuah seni menempelkan pecahan-pecahan benda seperti kain, kaca, keramik atau apapun menjadi satu. Dalam hal ini seniman akan membuat sebuah karya baru dari serpihan atau pecahan sesuatu sehingga menjadi bentuk yang indah. Pada umumnya mozaik ini akan ditempelkan di dinding.

Kerajinan Dari Keramik

Ragam seni rupa jenis ini yang terakhir adalah kerajinan dari keramik. Kerajinan keramik ini biasanya dibuat dari beragam bahan baku seperti tanah liat. Fungsinya yang hanya sebagai pajangan membuat keramik dijadikan hanya sebatas seni rupa murni saja.

Bentuk dari keramik ini beraneka ragam, ada yang berbentuk tumbuhan, hewan bahkan benda-benda yang ada di alam.

Setelah mengetahui informasi tentang definisi seni rupa murni, fungsi serta ragamnya, mungkin anda berniat untuk membuat salah satu karya seni ini. Ada banyak karya yang bisa anda ciptakan. Tuangkan kreatifitas anda di beberapa media.

Dalam membuat sebuah karya seni, terkadang guna dari alat tersebut bisa menjadi nomor dua. Hal yang paling penting adalah nilai keindahan dari karya tersebut. Sebuah karya seni rupa murni mampu memberikan keindahan yang mengagumkan di mata anda.

Comments are closed.