Rekomendasi Drama Korea Soal Kesehatan Mental

Rekomendasi Drama Korea Soal Kesehatan Mental

Rekomendasi Drama Korea Soal Kesehatan Mental

Rekomendasi Drama Korea Soal Kesehatan Mental, – Drama Korea It’s Okay To Not Be Okay yang mengangkat isu kesehatan mental telah rampung pada Minggu, sejak tayang pertengahan Juni lalu. Bagi yang menyukai tema serupa, terdapat sejumlah drama Korea lain yang layak untuk disaksikan.

Film dan Drama Korea dikenal karena kualitas dan beragamnya tema yang diangkat. Salah satunya, mengenai kesehatan mental yang sayangnya sampai saat ini masih menjadi topik yang cukup tabu untuk dibahas di masyarakat.

Kalau kamu sedang mencari rekomendasi film dan KDrama mengenai kesehatan mental, lima judul berikut bisa jadi pilihan.

It’s Okay That’s Love (2014)

“It’s Okay, That’s Love” merupakan KDrama yang dibintangi Jo In Sung, Gong Hyo Jin, Sung Dong Il, Lee Kwang Soo, D.O EXO, dan Lee Sung Kyung. KDrama ini menceritakan tentang kisah cinta antara penulis novel populer dan penyiar radio dengan seorang psikiater tahun pertama di sebuah rumah sakit universitas.

Menjadi salah satu pioner drama Korea yang membahas tentang kesehatan mental, ada banyak gangguan mental yang dibahas mendalam dalam KDrama ini. Termasuk di antaranya, obsessive-compulsive disorder (OCD), skizofrenia, sindrom Tourette, serangan panik, depresi, hingga sex phobia.

Kill Me, Heal Me (2015)

KDrama “Kill Me, Heal Me” memfokuskan tema ceritanya pada gangguan identitas disosiatif (dissociative identity disorder/DID) atau lebih dikenal dengan kepribadian ganda. Tokoh utama KDrama ini adalah Cha Do Hyun yang memiliki tujuh kepribadian. Ia kemudian jatuh cinta pada seorang residen psikiatri bernama Oh Ri Jin.

Dibintangi Ji Sung, Hwang Jung Eum, dan Park Seo Joon, KDrama bergenre komedi romantis ini tak hanya bisa membuatmu lebih memahami mengenai gangguan mental DID. Namun saat nonton KDrama ini. Kamu juga bisa melihat bagaimana dampak buruk dari kekerasan yang dialami seorang anak di masa kecilnya.

Kim Ji Young: Born 1982 (2019)

Diangkat dari novel populer karya Cho Nam Joo, “Kim Ji Young: Born 1982” dibintangi Jung Yu Mi dan Gong Yoo. Film ini mengisahkan tentang kehidupan Kim Ji Young yang harus menghadapi berbagai tindakan seksisme. Sejak ia kecil hingga membangun rumah tangga dan memiliki anak.

Film ini tak hanya mengulik persoalan seksisme yang dihadapi perempuan. Namun juga tentang gangguan mental yang bisa terjadi akibat tekanan dan stres yang terus-menerus dialami. Kim Ji Young yang merupakan perempuan biasa menunjukkan bahwa siapa pun bisa mengalami gangguan mental, seperti depresi.

It’s Okay to Not Be Okay (2020)

“It’s Okay to Not Be Okay” merupakan KDrama comeback Kim Soo Hyun dan Seo Ye Ji. KDrama ini menceritakan tentang kisah cinta antara seorang perawat jiwa dan caregiver yang tak memiliki waktu untuk cinta dengan penulis buku anak yang mempunyai gangguan kepribadian antisosial.

Turut ditayangkan di Netflix, KDrama ini mempunyai jalinan cerita yang mengaduk emosi, namun cukup mudah diikuti. Selain itu, KDrama ini juga cocok untuk self-healing dengan kisahnya yang inspiratif dan topik-topiknya yang realistis. Seperti beratnya perjuangan menjadi caregiver serta dampak dari peristiwa traumatis pada seseorang.

Comments are closed.