Tak Hanya Bacaan tetapi Juga Karya Seni

Tak Hanya Bacaan tetapi Juga Karya Seni

Tak Hanya Bacaan tetapi Juga Karya Seni

Tak Hanya Bacaan tetapi Juga Karya Seni, – Buku adalah jendela dunia, begitulah slogan yang sering kita dengar. Buku menjadi pembuka zaman untuk zaman setelahnya. Di antara buku tersebut terdapat buku yang berusia ratusan abad dan masih terpelihara hingga sekarang.

Karena nilai tinggi yang terkandung di dalamnya membuat buku tersebut memiliki harga lebih mahal dari sebuah perpustakaan. Seperti buku berikut, dibeli dengan harga mahal karena sejarah yang terkandung di dalamnya.

1. The Gospels of Henry the Lion

10 Buku Termahal di Dunia, Tak Hanya Bacaan tetapi Juga Karya Seni

The Gospels of Henry the Lion adalah salah satu pekerjaan besar pada masa penerangan Romawi di Jerman Utara. Pembuatan buku ini ditugaskan kepada Duke Henry pada tahun sekitar 1175 dan 1188. Serta diciptakan oleh para biarawan di biara Benediktin Helmarshausen.

Buku yang diterbitkan pada abad ke-12 ini harganya 11,7 juta dollar pada tahun 1983. Jika dihitung dengan inflasi, buku ini seharga 29,86 juta dolar. Buku lama ini hanya ditampilkan 6 minggu per tahun di perpustakaan Herzog August di Wolfenb├╝ttel.

2. The Codex of Leicester

10 Buku Termahal di Dunia, Tak Hanya Bacaan tetapi Juga Karya Seni

The Codex of Leicester adalah buku dari Leonardo da Vinci yang berisi tentang pemikiran, teori dan pengamatan tentang dunia. Karya yang masih berantakan ini berfokus pada pasang surut, pusaran dan bendungan dan hubungan antara bulan, bumi dan matahari. Buku ini berhasil terjual kepada Bill Gates pada tahun 1994 seharga 30,8 juta dolar. Jika dihitung dengan nilai inflasi maka harganya 52,8 juta dolar.

3. The Bay Psalm Book

The Bay Psalm Book

The Bay Psalm Book atau artinya Buku Bay Mazmur adalah buku yang berisi tentang teks suci yang dinyanyikan selama liturgi. Sebuah komite yang terdiri dari tiga puluh penatua yang terpelajar, termasuk John Cotton, Richard Mather, dan John Eliot. Buku ini dicetak pada tahun 1650 dan yang diketahui hanya ada 11 salinan. Salah satu salinan dibeli oleh seharga 14 juta dolar atau dihitung inflasi sebesar 15.46 juta dolar. Kini buku tersebut dipinjamkan pada perpustakaan.

4. The Canterbury Tales

10 Buku Termahal di Dunia, Tak Hanya Bacaan tetapi Juga Karya Seni

‘The Canterbury Tales’ adalah buku yang berisi puisi panjang karya dari Geoffrey Chaucer pada tahun 1345 -1400. Buku yang kumpulan dari cerita peziarah ini memberikan wawasan kehidupan Inggris pada abad ke-14. Rencananya terdapat 100 cerita namun hanya selesai 24 cerita. Pada tahun 1988 buku ini terjual seharga 7,5 juta dolar atau 11,69 juta dolar setelah inflasi.

5. ‘Birds of America’

Birds of America

‘Birds of America’ adalah kumpulan ilustrasi burung dan alam karya John James Audubon. Buku ini dicetak pada tahun 1827 dan 1838. Di mana berisi burung Amerika Utara dengan menggunakan 435 cat air dan ukuran yang sebenarnya. Buku yang memiliki set empat volume ini dihargai tinggi bahkan untuk salinannya.

Tahun 2000, buku ini terjual seharga 8,8 juta dolar sedangkan salinannya terjual 5 juta dolar pada tahun 2005. Untuk edisi lengkap terjual seharga 7,9 juta dolar pada tahun 2012 sedangkan salinannya pada tahun 2018 terjual 9,6 juta dollar. Jika dihitung dengan inflasi maka harga dari buku tersebut adalah 50,6 juta dolar.

***

Semua buku tersebut tak hanya memiliki nilai sejarah tapi juga dibuat dengan karya seni. Buku tersebut kini tersimpan baik di perpustakaan ataupun dimiliki oleh miliarder dunia.

Comments are closed.